5 Tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi tahun 2019


Hallo sahabat media mungkin bagi pecinta traveler yang sempat singgah di Kota Blitar pasti kalian masih bingung nih tempat wisata mana saja yang cocok untuk dikunjungi di Blitar.

Mengingat Blitar sendiri mempunyai sebuah filosofi yakni “Blitar,kutho cilik seng kawentar” yang memiliki arti Blitar merupakan Kota kecil yang terkenal.

Meskipun Blitar termasuk daerah yang memiliki luas tidak begitu besar di bandingkan dengan wilayah lain seperti Malang atau Surabaya.namun,di Blitar sendiri juga tak kalah serunya loh tentang wisata edukasinya.

Bahkan menurut  Badan Pusat Statistik,data pengunjung di Kota Blitar tercatat sejumlah 25 % meningkat dari tahun pertahun.ini membuktikan Kota Blitar sendiri juga merupakan salah satu tujuan tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun nasional.

Tak hanya itu,di Blitar sendiri sampai saat ini masih berupaya membuat sebuah inovasi tentang Kota dengan tempat seribu wisata.dengan hal ini,supaya kedepanya di Kota Blitar menjadi salah satu ikon pariwisata di Jawa Timur yang patut di coba bagi pengunjung domestik dalam negeri.

Disini ada 5 tempat  wisata menarik yang wajib di kunjungi oleh para pelancong di Kota Blitar di tahun 2019 mana saja tempatnya,yuk langsung simak saja.

1.Makam Bungkarno


Yap tidak salah lagi Makam Bungkarno menjadi urutan nomer satu sebagai tempat yang paling di cari oleh wisatawan baik lokal maupun Nasional.

Makam Sang Proklamator yang merupakan tempat bersemayan terakhir Presiden pertama  Indonesia yakni DR.Ir..H. Soekarno atau biasa disebut dengan Bungkarno telah lama menjadi pusat wisata populer di Jawa Timur.

Disini para pengunjung tidak hanya bisa berziarah ke makam Bungkarno akan tetapi di tempat tersebut juga terdapat museum dan perpusatakaan yang di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan prasejarah.

diantaranya,lukisan Bungkarno yang konon lukisan ini jika dilihat secara seksama bisa bergerak dengan sendirinya dan lebih anehnya lagi lukisan tersebut dapat berdenyut tepat dibagian jantung Sang Proklamator yang seolah-olah Sang Presiden masih hidup.

tidak hanya itu,berbagai peninggalan lain juga terdapat di museum ini seperti lembaran pecahan uang rupiah pada masa lalu,riwayat kehidupan Bungkarno sejak masih muda dan lain sebagainya.

untuk areal parkirnya sendiri cukup tergolong luas jadi pengunjung tidak usah merasa cemas dalam masalah parkir dan yang lebih menariknya lagi untuk akses masuk ke areal makam,pengunjung tidak dibebankan oleh tarif biaya sedikitpun alias free. jadi bagi yang penasaran langsung datengin aja tempatnya di kawasan Jl.Ir Soekarno,Bendogerit Kota Blitar.

2.  Kampung Coklat


Siapa sih yang gak suka yang namanya coklat makanan yang terbuat dari biji kakao ini banyak di gemari oleh anak-anak bahkan dengan rasanya yang manis membuat siapa saja yang memakanya pastinya membuat ketagihan.

Di Blitar sendiri saat ini terdapat sebuah tempat wisata yang bernama kampung coklat.terletak di daerah Plosorejo,Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. kampung coklat ini berdiri sejak tahun 2004.meskipun tergolong masih baru namun,dengan usaha yang keras dari sang pemilik dan berjalanya waktu,kini kampung coklat sendiri cukup terkenal di daerah Jawa Timur

Di kampung coklat pengunjung bisa menikmati berbagai olahan dari bahan dasar coklat diantaranya nasi goreng coklat,mie coklat,minuman khas coklat dan masih banyak lagi varian menu di tempat edukasi ini.

bahkan para pengunjung juga disuguhkan dengan panorama keindahan bernuansa claasic saat pertama memasuki gerbang kampung coklat ini.

Tidak ketinggalan bagi anak-anak yang ingin bermain,di kampung coklat juga menyuguhkan areal tempat permainan bagi anak-anak.

berbagai macam permainan outbound juga disediakan disini seperti tranpolin,perahu gayung dan lain-lain selain itu tempat ini juga cocok untuk berfoto ria bersama sang kekasih,sahabat ataupun keluarga.

Dijamin pengunjung pasti akan betah jika berkunjung di tempat ini dan untuk biaya akses masuknya sendiri pengunjung hanya cukup membayar tiket seharga Rp.5000 saja untuk per orang dan sudah bisa menikmati berbagai suguhan yang ada di kampung coklat ini.

3. Pantai Tambakrejo



Bagi para pecinta traveler kurang terasa lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata seperti pantai karena di pantai sendiri terdapat berbagai macam keindahan dan panorama alam yang masih bersifat alami dan jarang diusik oleh manusia.

Di Blitar berletak di daerah Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar terdapat sebuah pantai yang sampai saat ini masih terjaga keaslianya Pantai yang bernama Tambak Rejo ini juga menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan yang singgah di Kota Blitar.

Di pantai Tambak Rejo para pengunjung disuguhkan dengan berbagai macam keindahan yang mempesona seperti pasir putih dan juga bukit-bukit tinggi yang terbentang di pinggiran pantai.selain itu,para pengunjung juga bisa menimati hidangan khas dari hasil laut seperti ikan bakar,lobster,kepiting dan lain-lain.

Bahkan bagi pecinta mancing mania di pantai tambak rejo juga terdapat spot yang tak kalah serunya juga loh.sebelum sampai ditujuan pengunjung akan melintasi jalan-jalan perbukitan yang dapat memacu adrenalin bagi pengunjung.

Untuk biaya tiket masuk ke areal pantai,pengunjung cuman dirogoh gocek sebesar Rp.6000 namun harga segini bisa melonjak naik bekisar Rp 10.000 bahkan Rp 15.000 di hari wekend seperti sabtu atau minggu.

4. Petilasan Rambut Monte


Bagi traveler yang suka dengan ketenangan dan keindahan,tidak salahnya mencoba dengan tempat wisata satu ini berletak di Desa Krisik,Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.terdapat sebuah telaga yang dihuni oleh ratusan ikan langka yang dipercaya sebagai ikan dewa oleh masyarakat setempat.

Konon ikan tersebut adalah jelmaan dari para prajurit kerajaan Majapahit yang membangkang dan dikutuk menjadi ikan.bahkan para warga sekitar juga tidak berani menangkap ikan tersebut karena diyakini akan berdampak membuat sebuah malapetaka.

Selain itu,telaga ini juga termasuk dikategorikan sebagai tempat wisata yang mengandung unsur mistik.karena didalamnya terdapat banyak pohon yang cukup rindang yang pastinya membuat bulu kuduk para pengunjung dibuat merinding.

sebelum menuju ke tempat wisata ini para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan dari hamparan sawah yang hijau dan juga perkebunan teh yang membuat suasana semakin terlihat asri.

Untuk harga tiket masuk ke area telaga rambut monte  pengunjung hanya membayar Rp 3000 khusus orang dewasa dan Rp 2000 bagi anak-anak.harga segini tentunya cukup murah untuk bisa menikmati panorama di telaga rambut monte yang terkenal memiliki aura magis ini.

5. Candi Penataran


Salah satu ikon wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh para traveler di Kota Blitar selain Makam Bungkarno ialah candi Penataran.

Candi yang terletak di Desa Penataran,Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar ini merupakan sisa peninggalan dari kerajaan Kadiri yang mulai dibangun sejak abad 1200 M.

Menurut Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.bangunan percandian yang seluas sekitar 12,946 meter persegi ini dinobatkan sebagai bangunan candi yang terluas dan termegah di wilayah Jawa Timur,

Disini para pengunjung akan disuguhkan dengan bangunan candi yang berciri khas berstruktur Hinduisme.tak hanya itu di dalam komplek percandian juga terdapat berbagai macam ukiran relief dan juga berbagai bentuk arca yang menjadi pelengkap bangunan candi.

Tidak hanya bangunan yang cukup megah disini,para pengunjung juga disediakan tempat untuk berfoto ria yang bisa diabadikan lewat moment pas liburan.

Untuk biaya masuknya sendiri pengunjung disini cukup membayar Rp.3000 per orang harga segini tentunya sangat murah dan pastinya pengunjung tidak akan kecewa dengan berbagai bentuk keindahan yang terdapat di dalam komplek percandian.

Mungkin itu saja 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para traveler yang singgah di Kota Blitar di tahun 2019 bagi yang penasaran silahkan datang dan nikmati berbagai pengalaman yang tak terlupakan.














Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel