Proses pembuatan kerajinan limbah akar kayu menjadi patung hewan





Memanfaatkan limbah akar kayu jati,seorang perajin kayu di Kabupaten Blitar,menyulapnya menjadi aneka kerajinan bernilai seni tinggi.

Umumnya,limbah akar kayu jati tersebut dijadikan aneka kerajinan dengan tema hewan.untuk harga kerajinan dari akar jati ini juga bervariasi mulai dari satu jutaan hingga empat jutaan.

akar kayu jati yang biasa dijadikan kayu bakar oleh sebagian orang,dan juga mungkin hanya dibuang karena merupakan limbah.

namun,di tangan Angga Setiawan seniman asal Desa Sumberringin,Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar limbah kayu jati tersebut dijadikan aneka kerajinan bernilai seni tinggi Rabu (13/11/2019)

umumnya,kerajinan dari akar kayu jati yang dibuat bertemakan hewan atau binatang.untuk membuat kerajinan dari akar kayu jati ini,tidak gampang dan mudah apalagi yang paling susah yakni imajinasi untuk menentukan tema kerajinan.

Awalnya,akar kayu jati dibuat pola terlebih dahulu selanjutnya
akar kayu jati dipotong menggunakan gergaji mesin,untuk membuang akar-akar yang tidak terpakai.

setelah itu membentuk rangka binatang,dan kemudian memahat dan mengukir sesuai tema yang diinginkan.

Angga Setiawan mengatakan,ide awal membuat karena prihatin banyak akar kayu jati yang hanya dijadikan kayu bakar karena penasaran,ia kemudian mencoba berimajinasi untuk membuat kerajinan dari akar kayu jati.untuk membuat kerajinan bertemakan binatang,dibutuhkan waktu sekitar satu bulan tergantung besar-kecil dan juga motif
dari obyek yang dibuat.

“lumayan cukup sulit untuk pembuatan kerajinan ini karena sebelum proses pembuatan harus diperlukan imajinanisi yang tinggi supaya hasilnya lebih maksimal”tutur Angga Setiawan

sementara itu hasil karya Angga Setiawan ini,kebanyakan dipesan dari luar-kota Blitar.seperti sidoarjo,surabaya dan Kota lain di wilayah Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "Proses pembuatan kerajinan limbah akar kayu menjadi patung hewan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel