Cara pembuatan batu bata dengan sederhana



Musim kemarau yang panjang hingga saat ini, ternyata membawa berkah tersendiri bagi para perajin batu bata yang ada di wilayah Kota Blitar.

sebab,musim kemarau yang panas membawa dampak positif terhadap proses penjemuran batu bata hingga maksimal.

untuk per seribu batu bata,di tingkat perajin saat ini di jual dengan harga 600 ribu rupiah.

Aktifitas ini ditekuni oleh Usup salah seorang warga dari Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.Rabu (13/11.2019).

Di tengah kesibukan sebagai seorang kepala rumah tangga,dirinya juga menekuni membuat batu bata merah dengan cara manual di halaman samping rumahnya.

datangnya musim kemarau sejak beberapa bulan terakhir ini,di manfaatkan oleh Usup untuk mencetak batu bata.

proses pembuatan batu bata sejatinya sangat membutuhkan sinar matahari yang cuku,agar terik dari panas matahari bisa membuat cetakan batu bata dari tanah liat cepat mengering secara optimal dalam waktu sehari.

untuk membuat batu bata sendir,mula mula tanah liat yang sudah di persiapkan di beri air dan di aduk dengan cangkul hingga lunak.

setelah itu adonan tanah kemudian di masukkan kedalam cetakan kayu yang di lapisi dinding kaca agar menghasilkan bentuk batu bata yang halus dan rapi.

selanjutnya,adonan tanah itu di tekan-tekan dengan jari hingga padat kemudian cetakan di angkat dan jadilah batu bata mentah yang siap di jemur hingga mengeras.

selanjutnya,jika cetakan batu bata mentah sudah terkumpul banyak proses di lanjutkan dengan pembakaran hingga batu bata berwarna kemerah- merahan atau matang.

Menurut Usup dirinya bisa meraih keutungan yang cukup banyak dengan menekuni pekerjaan sebagai pembuatan batu bata merah ini,dari hasil penjualanya dirinya juga bisa mencukupi keluarganya.

“ya’lumayan lah mas hasilnya bisa buat untuk keperluan sehari-hari dan cukup buat menafakhi istri dan anak”ungkap Usup

untuk di ketahui,usaha kerajinan batu bata ini bila di geluti dengan ulet dan sabar mampu menghasilkan pundi- pundi rupiah yang lumayan besar tiap bulannya.mengingat dari usaha membuat batu bata ini nyatanya usup mampu menghidupi seluruh kelurganya.sementara itu,saat ini per seribu batu bata di tingkat perajin rata- rata dijual dengan harga 600 ribu rupiah.



Belum ada Komentar untuk "Cara pembuatan batu bata dengan sederhana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel