Penemuan artefak yang diduga candi kerajaan majapahit,gemparkan masyarakat Kota Blitar



BLITAR-Berletak di daerah Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Kamis (05/09/2019).digemparkan dengan ditemukan sebuah artefak yang diduga berupa candi dari peninggalan abad ke 13-15 zaman Kerajaan Majapahit.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto sebelumnya,menerima sebuah laporan dari pihak terkait tentang penemuan sebuah candi yang berlokasi di tengah arel persawahan,

Lantas,pihaknya langsung menuju ke lokasi untuk dilakukan observasi dengan melakukan penelitian tentang penemuan tersebut.

Dengan melakukan pembersihan di beberpa titik tertentu petugas kemudian menemukan sejumlah benda yang diduga sudah mencapai ratusan tahun silam diantaranya sebuah batu endesit berbentuk arca kepala kala serta kontruksi batu merah yang diperkirakan merupakan sisa reruntuhan bangunan candi.

Sontak dengan penemuan ini,para warga setempat langsung ikut  berbondong-bondong untuk menyaksikan proses obseravsi dari pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Menurut ketua tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto dari beberapa benda-benda purbakala yang ditemukan serta proses pengamatan sejumlah benda ini adalah peninggalan abad ke 13 di zaman kerajaan majapahit bentuknya belum bisa diketahui namun diduga merupakan komplek percandian dengan luasan sekitar 100 m2.ungkap Wicaksono Dwi Nugroho (Arkeolog BPCB Trowulan Mojokerto).

“Iya kali Ini masih dilakukan penggalian secara bertahap untuk diketahui secara pasti dari penemuan benda arkeolog ini.dari dugaan sementara benda temuan ini dari sisa reruntuhan dari peninggalan zaman Majapahit pada waktu silam”pungkasnya.

Pihak Balai Pelestaraian Cagar Budaya (BPCB) akan melakukan eskavasi setelah berkoordinasi dengan pusat dan Pemerintah Daerah.

di beritakan sebelumnya seorang petani menemukan arca kala di lokasi situs candi Gedog setelah diobservasi ditemukan 7 titik yang diduga peninggalan purbakala diantaranya bata terstruktur dan batu andesit lainya.

Dalam dekade terakhir sebelumnya,di Kota Blitar juga telah ditemukan beberapa artefak peninggalan dari kerajaaan pada masa silam.diantaranya bangunan yang menyerupai candi yang diduga dari Kerajaan Kadiri.

Zaman kerajaan Majapahit sendiri merupakan sebuah kerajaan Hindu dan Budha yang berpusat di kawasan Jawa Timur dan berdiri sekitar 1293 hingga 1500 M.diperkirakan runtuhnya kerajaan ini dikarenakan masuknya era keemasan agama Islam yang  saat itu di pimpin oleh Raden Patah.



Belum ada Komentar untuk "Penemuan artefak yang diduga candi kerajaan majapahit,gemparkan masyarakat Kota Blitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel