Aksi unjuk rasa anggota GPI Blitar,tuntut calon anggota DPRD lawan tindakan KKN




BLITAR-Puluhan massa yang tergabung dengan kelompok GPI (Gerakan Pembaharuan Indonesia) mendatangi gedung Pemkab Blitar.Selasa (26/08/2019). para aktifis ini, menuntut kepada seluruh calon anggota Dewan periode baru tahun 2019-2024 untuk menyetujui lembaran pakta intregitas diantaranya kinerja anggota dewan harus bebas dari KKN (korupsi,kolusi,nepotisme).

Bertempat di depan gedung DPRD Kabupaten Blitar,kegiatan unjuk rasa ini berjalan dengan lancar tanpa diwarnai kerusuhan.para massa juga membawa berbagai macam poster tuntutan yang dibentangkan sebagai simbol tindakan persuasif terhadap calon anggota dewan dalam upaya mencegah praktek KKN.

Sementara itu,puluhan anggota kepolisian di bantu Satpol PP juga turut diturunkan untuk mengamankan aksi ini.dalam orasinya,massa juga menyampaikan lima poin penting terkait  pakta intregitas yang harus diteken oleh anggota dewan legislatif maupun eksekutif.

Diantaranya point tersebut yakni calon anggota DPRD tidak melakukan tindakan KKN yang sebelumnya terdapat kasus penyelewengan anggaran dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 111 milyar agar tidak terulang kembali.selain itu, para calon anggota dewan juga dituntut untuk melaporkan anggota lain yang terindikasi melakukan KKN di ruang lingkup DPRD sendiri.

Dilain itu,pada waktu yang bersamaan didalam gedung juga diadakan kegiatan pelantikan anggota DPRD baru tahun 2019-2024 Kabupaten Blitar.terdapat sejumlah 50 orang diresmikan menjadi anggota dewan perwakilan rakyat Kabupaten Blitar pada periode ini.acara peresmian ini dihadiri oleh sebagian dari keluarga calon anggota dewan beserta pimpinan organisasi pelantikan.

Ketua kordinator (Gerakan Pembaharuan Indonesia) Joko Prasetio mengatakan,kegiatan ini bertujuan sebagai tindakan preventif  kepada calon anggota legislatif  dalam upaya penyalah gunanaan APBD.sementara itu,pihaknya juga mengecam terhadap anggota DPRD terkait dugaan penyelewangan anggaran dana alokasi yang saat ini belum ada tanggapan pasti oleh dinas pemerintahan daerah.diantaranya beberapa infrastruktur di desa yang  saat ini rusak parah sehingga menghambat berbagai aktifitas para warga.

”Saat ini kan banyak jalan yang rusak di berbagai tempat seperti di desa kemana saja anggaran pemerintah,pokoknya dengan adanya tuntutan berupa pakta intregitas ini masyarakat tidak mau kecolongan lagi”tutur Joko Prasetio selaku ketua kordinator.

Selain itu pihaknya juga menghimbau kepada seluruh calon anggota DPRD mampu bekerja dengan jujur,amanah dan bersinergi tinggi untuk kepertingan kesejahterakan bagi rakyat khusunya Kabupaten Blitar.pungkasnya”


Belum ada Komentar untuk "Aksi unjuk rasa anggota GPI Blitar,tuntut calon anggota DPRD lawan tindakan KKN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel